>>Malam Tahun Baru>>

Perayan Malam Tahun Baru di Berbagai Negara

halo semuanya !! 
tidak terasa ya , tahun 2010 akan berakhir dan akan disambut tahun 2011 . Biasanya , malam pergantian Tahun Baru menjadi hal yang paling penting bagi setiap orang di dunia. Sebagian dari mereka ada yang terlihat melakukan ritual doa, pesta-pesta, dan adapula yang bersenang-senang dengan keluarga atau make a wish.

Pesta Kembang Api
Nah , berikut adalah pesta - pesta perayaan tahun baru 5 Negara di dunia :

1.Indonesia
   Di Indonesia, malam tahun baru dirayakan dengan berkeliling kota menggunakan mobil dan sepeda motor. Terompet dari kertas karton yang dibunyikan orang di jalan-jalan dan tempat hiburan telah menjadi budaya masyarakat saat menyambut pergantian tahun. Hotel-hotel berbintang menawarkan paket bagi keluarga yang merayakan tahun baru dengan menginap di hotel dan villa atau sejenis penginapan. Selain itu, hotel dan tempat - tempat hiburan mengadakan jamuan makan malam dan pertunjukan musik.Bali merupakan tujuan favorit pada saat malam tahun baru.
Di Jakarta, jalan-jalan protokol dimaceti pengguna jalan yang memeriahkan pesta pergantian tahun dengan meniup terompet dari kertas karton. Pesta pergantian tahun di Jakarta dipusatkan di Monas dan Ancol Bay City. Kawasan Monas diramaikan ribuan orang yang datang menggunakan sepeda motor dan mobil. Pergantian tahun baru di Ancol diramaikan dengan panggung musik dan pesta kembang api.Di Taman Indonesia Indah, pesta pergantian tahun menampilkan panggung musik dangdut dan kesenian tradisional.Di Malang terutama bagian Barat yang terkenal dengan cuacanya yang sejuk, di kawasan wisata Songgoriti yang terdapat berjuta villa disewakan. Pastinya, jalanan macet. Puncak Payung di atas lembah Songgoriti juga macet. Terompet berbunyi pertanda awal tahun baru dan harapan baru sudah kita akan jalani.

2. Amerika Serikat
    Pesta pergantian tahun di New York City dipusatkan di Times Square. Orang membanjiri Times Square untuk mengikuti acara penghitungan detik-detik pergantian tahun yang disiarkan jaringan televisi nasional. Sejak lebih dari 100 tahun yang lalu, acara pergantian tahun ditandai dengan tradisi penurunan Bola Raksasa di Times Square. Bola dibuat dari Waterford Crystal dengan diameter 182,8 cm, dan berat 485,34 kg. Bola bisa dilihat dari kejauhan karena diberi hiasan lampu-lampu. Pada pukul 23.59.00, bola diturunkan dari tiang pengikatnya di atas gedung One Times Square, dan sampai di bagian bawah tiang tepat pukul 00.00 tengah malam. Sama dengan julukan yang diberikan untuk New York City, bola ini juga dijuluki "apel besar" (big apple).

3.Meksiko
   Orang Meksiko memakan 12 buah anggur satu per satu sambil mengikuti bunyi lonceng gereja yang dibunyikan menjelang pergantian tahun. Sebuah anggur dimakan sambil mengucapkan sebuah harapan di tahun yang baru. Di malam tahun baru, orang yang ingin menemukan pasangan di tahun yang baru mengenakan pakaian dalam berwarna merah. Pakaian dalam berwarna kuning dipakai orang yang ingin banyak mendapat rezeki.Tradisi malam tahun baru yang lain, termasuk di antaranya kegiatan menyapu sampah ke luar, membawa-bawa koper ke luar rumah (melambangkan perjalanan di masa depan), dan menggantung boneka domba dari benang wol di pegangan pintu. Perayaan malam tahun baru di Meksiko dan Spanyol memiliki banyak persamaan.

4. Turki
    Malam tahun baru di Turki dimeriahkan dengan hiasan Natal dan dekorasi hari raya (Bayram). Orang Turki memiliki tradisi tukar-menukar hadiah, dan mengadakan pesta makan malam bersama keluarga dan teman-teman. Makanan yang dihidangkan antara lain panggang ayam kalkun, pilaf, dolma, borek, hummus, musakka atau masakan lain dari terong yang dilengkapi roti pide, serta minuman salep dan boza.
   Sementara stasiun televisi dan radio menayangkan acara spesial malam tahun baru, pemerintah kota di seluruh negeri mengadakan acara pengumpulan dana bagi orang tidak mampu. Selain itu, di Turki juga diadakan panggung musik, acara untuk seluruh keluarga, dan kesenian tradisional seperti Karagoz dan Hazipat. Pesta malam tahun baru diadakan di pusat keramaian kota Istanbul, Ankara, Izmir, Adana, dan Antalya. Di Istanbul, keramaian malam tahun baru berpusat di distrik Taksim, Beyoglu, Nisantasi, Kadikoy, dan Lapangan Kizilay, Ankara. Acaranya berupa tari, konser, pertunjukan sinar laser, dan pesta kembang api.


5. Brazil
    Malam tahun baru (Véspera de Ano Novo) adalah salah satu perayaan termeriah dalam setahun di Brazil. Sebagian besar kota-kota besar di Brazil, dan kota-kota berukuran sedang mengadakan pesta kembang api dan pertunjukan musik selepas tengah malam. Pesta malam tahun baru yang terkenal adalah pesta di Pantai Copacabana, Rio de Jainero. Kota Sao Paulo juga mengadakan pertandingan Maraton Saint Silvester  (Corrida de São Silvestre) yang diikuti pelari maraton dari seluruh dunia.

wawww , sungguh perayaan yang mengagumkan ...
Oh iya , semeriah apapun perayaan Tahun Baru yang terpenting kita berharap tahun kedepannya bisa lebih baik lagi daripada tahun yang sebelumnya , selain itu kita harus mempunyai motivasi atau misi yang baru.
SELAMAT TAHUN BARU 2011. semoga harapan kita di tahun 2011 bisa tercapai. amiin .....
info lebih lengkap , klik disini.

0 Response to ">>Malam Tahun Baru>>"

Posting Komentar